Iklan 4

Cara Penggemukan Sapi Lokal secara Cepat

Iklan 2


Para peternak sapi sangat mengharapkan sekali, jika sapi peliharaanya terlihat gemuk dan sehat, karena akan meningkatkan harga dari sapi tersebut jika akan di jual. Banyak para peternak melakukan berbagai cara untuk mempercepat penggemukan sapi peliharaannya. Mulai dari sumber pakan yang di berikan, lingkungan yang sehat sehingga sapi tidak mudah terserang penyakit.

Cara Penggemukan Sapi Lokal. Tidak semua orang berhasil dalam melakukan penggemukan sapi lokal, hal ini karena ketidaktahuan mereka dalam melakukan penggemukan sapi. Penggemukan sapi lokal tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan pakan saja, namun pemberian vitamin juga harus dilakukan agar sapi tetap sehat dan kebutuhan gizinya terjaga. Dalam melakukan penggemukan ada beberapa syarat terutama pada pakannya. Inilah Jenis Pakan Sapi lokal sebagai berikut :

Pakan Hijau

Pakan hijau sangat baik untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Pakan hijau yang dapat diberikan yaitu jenis rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro. Daun lamtoro, limbah pertanian yaitu jerami. Pakan hijau bisa dijadikan pakan utama sapi, jadi pakan harus baru agar sapi mendapatkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Pakan Konsentrat

Pakan konsentrat atau pakan penguat yaitu berupa pakan olahan seperti dedak padi yang telah dicampurkan bungkil kelapa, tepung tulang dan garam dapur. Pakan konsentrat ini 70% dedak, 30% bungkil kelapa, 0,5% tepung tulang dan 1% garam dapur, komposisi olahan tersebut harus sesuai jangan terlalu banyak salah satunya agar gizi sesuai untuk kebutuhan sapi tersebut.

Cara Pemberian Pakan untuk Sapi lokal

Pakan untuk penggemukan sapi harus diatur agar penggemukan sapi lokal tersebut sesuai target yang diharapkan. Nah, bagi pebisnis sebaiknya memberikan pakan hijau lebih banyak dari pada olahan konsentrat, karena pakan hijau adalah makanan utama sapi. Waktu yang cocok dalam pemberian pakan yaitu pukul 8 pagi, 12 siang, dan 5 sore, tiga kali dalam sehari merupakan standar pemberiaan pakan untuk ternak.
Iklan 3