Iklan 4

Mengenal Gangguan Penyakit pada Tanaman Buah

Iklan 2

TruebusNews - Gangguan penyakit pada tanaman sering kali kita menjadi stress usaha apapun untuk memberantas ham tersebut sudah dilakukan, untuk menghindari hal itu kita harus mengenal seperti karakteristik dari hama tersebut seprti kerontokan buah, pembusukan, kenampakan buah yang tidak mulus dan buah kurang tahan disimpan bisa juga karena gangguan penyakit. Beberapa macam penyakit yang mengakibatkan hal itu diantaranya:

Bercak buah
Serangan cendawan Colletotrichum sp menjadikan kulit buah berbercak-bercak hitam, kadang-kadang malah sedikit retak. Setelah dipetik dan disimpan 3 – 4 hari, seluruh permukaan kulitnya akan menghitam. Cendawan ini menyerang buah sejak bunga-bunganya keluar. Kalau penyakit bercak itu menyerang bagian pangkal atau tangkai buah, buah muda akan rontok dengan kulit buah menghitam. Cendawan bercak hitam ini banyak menyerang mangga, jeruk, pepaya, alpukat dan buah-buahan lainnya. Pada jeruk, penyakit bercak hitam itu bisa juga disebabkan oleh cendawan Alternaria citri.

Bercak berair
Mula-mula, kulit buah muda berbercak hijau tua dan berair. Lama-lama bercak itu akan berbuah menjadi kehitaman. Selanjutnya, kulit buah retak memanjang dan mengeluarkan getah. Penyakit ini pada mangga disebabkan oleh bakteri Pseudomonas mangiferae. Jika tertiup angin, buah yang terserang itu akan rontok.

Kudis
Kudis menyebabkan kulit buah berbercak kelabu atau kecokelatan. Kalau bercak itu sudah membesar, di bagian tengahnya akan terdapat jaringan seperti gabus. Penyebabnya adalah cendawan Elsinoe mangiferae dan Sphaceloma mangiferae pada mangga, Elsinoe fawcetti pada jeruk, Elsinoe empelina pada anggur dan Elsinoe perseae pada alpukat. Buah yang kudisan akan cepat membusuk setelah dipanen.

Penuh tepung putih
Tanaman yang bunga dan buahnya rontok atau kerdil pertumbuhannya dan penuh diselimuti tepung putih merupakan gejala terserang cendawan. Lapisan tepung putih itu merupakan pakan konisida dari cendawan. Pada anggur, tepung putih itu disebabkan oleh cendawan Uncinula necator; sedangkan pada apel, penyebabnya cendawanPodosphaera laucorticha dan P. oxycanthae; pada mangga dan buah-buahan lainnya cendawan Oidium mangiferae, Erysiphe poligoni dan E. cichoracearum.
Iklan 3